Memanfaatkan Alquran Online

Rabu, 22 September 2010

Hidup di jaman saya seperti sekarang ini memang mengasyikkan. Penemuan-penemuan teknologi yang begitu banyak dan sangat cepat membuat saya semakin dimanjakan olehnya. Tanpa terkecuali dunia internet.


Bagi kita yang tidak memiliki seperangkat komputer lengkap dengan modem dan koneksi telepon, tidak menjadi halangan lagi untuk dapat mengakses komputer. Karena hanya dengan bermodal Rp 2.000 hingga Rp 3.000 kita sudah bisa berselancar di dunia maya tanpa batas. Konten yang sangat beraneka ragam pun akan kita peroleh. Mulai dari informasi, hiburan, media pembelajaran, dan masih banyak lagi.

Kemudian muncul ide menjadikan lembar-lembar kertas yang jumlahnya banyak menjadi sebuah media yang bahkan bisa dibaca oleh banyak orang tanpa harus memiliki buku yang mungkin berhalaman ratusan atau ribuan. Ide itu dituangkan dalam bentuk ebook. Hampir mirip dengan ebook, Sekarang sudah menjadi tren adalah munculnya Alquran online. Ada banyak sekali situs penyedia yang menyediakan layanan tersebut. Setiap situs penyedia memiliki kelebihan masing-masing.

Jika Anda tidak keberatan, silakan Anda buka Google dan masukkan query "AlQuran Online" dan lihat hasilnya. Begitu menjamurnya hasil pencarian yang mengarahkan pada situs-situs penyedia layanan Alquran online. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas sedikit situs Quran.com. Secara subjektif, situs ini memiliki banyak keunggulan dikarenakan beberapa hal:
1. Mudah
Saya sering memilih layanan situs ini karena alasan tadi. Setelah kita mengetikkan alamat "Quran online" di address bar (tentunya tanpa tanda kutip) kita akan disuguhi tampilan homepage seperti gambar di bawah:
Homepage dari Quran.com
 Nampak sederhana. Tapi jangan terburu menilai dari tampilan awalnya. Setelah Anda memilih surat mana yang ingin Anda tampilkan, beberapa saat kemudia Anda akan dibiwa menuju halaman surat yang dituju. Tidak hanya ayat saja yang ditampilkan tetapi dilengkapi dengan terjemahannya.

2. Kaya fitur
Pilihan saya pada Quran.com adalah fitur yang bermacam-macam. Di antaranya pilihan bahasa yang cukup banyak. Dan yang lebih menggembirakan lagi adalah dukungan terjemah bahasa Indonesia.

Tidak hanya sampai di situ, ada beberapa tafsir yang bisa kita aktifkan padasidebar semakin menambah kita betah berlama-lama duduk membaca dan mendalami alquran di situs ini.

Tentang Penulis
Saya Nailin Ni'mah, salah satu siswa MA Matholi'ul Huda Troso. Saya penulis sekaligus pengembang blog madrasah ini. Selamat membaca tulisan rintisan maupun kutipan-kutipan yang saya sajikan untuk Anda. Happy Blogging!

0 komentar to “Memanfaatkan Alquran Online”

Kami menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Kami berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.